Posted on: April 24, 2020 Posted by: maulana Comments: 0
Closing Lewat Whatsapp

Tawar menawar dalam bisnis penjualan sudah biasa terjadi. Namun jika tawar menawar lewat penjualan secara online akan cukup memakan waktu. Apalagi jika konsumen masih bimbang atau ragu dalam memilih barang pesanan.

Disinilah gunanya teknik closing penjualan untuk mengakhiri transaksi jual beli dengan sukses. Ingin tahu lebih jauh?, Simak ulasan mengenai tips closing lewat whatsapp berikut.

Gunakan Teknik Sales Funneling

Teknik sales funneling yang banyak digunakan para pebisnis online ini ternyata cukup efektif menaikkan jumlah closing. Dalam teknik ini, konsumen dibagi menjadi 3 tipe yaitu cold market, warm market, dan hot market. Calon konsumen yang baru mengenal dan tahu bisnis anda dikategorikan sebagai cold market.

Warm market adalah kategori calon konsumen yang sudah tau produk anda dan sudah pernah melakukan pembelian produk atau transaksi jual beli. Sedangkan hot market yaitu konsumen yang sudah sering melakukan pembelian, bisa dibilang mereka sudah menjadi pelanggan tetap.

Pendekatan closing yang dilakukan terhadap tiga jenis calon konsumen tersebut dibuat berbeda. Misalnya, untuk cold market, soft selling umum dilakukan. Berbeda dengan hot market dimana anda langsung menawarkan produk (hard selling). Dengan melakukan teknik ini, closing dijamin bisa meningkat.

Bangkitkan Kepercayaan Konsumen

Konsumen memutuskan membeli suatu produk tentunya karena mereka percaya produk yang dibeli berkualitas baik. Olehnya itu, menjadi poin penting untuk membangkitkan kepercayaan konsumen terlebih dahulu. Caranya bisa dengan membagikan testimoni terbaik dari konsumen yang telah membeli produk anda.

Promosi yang anda bagikan di Whatsapp dapat dibarengi dengan screenshot kepuasan konsumen terhadap produk atau jasa anda. Metode lain yaitu dengan menampilkan rekomendasi dari orang terkenal atau tokoh publik.

Calon konsumen tentunya akan lebih percaya dengan produk recommended dibanding hanya promosi dari anda saja. Hal tersebut akan memudahkan anda dalam meningkatkan jumlah closing.

Beri Kejutan saat Melakukan Pembelian

Tips ampuh dengan memberi kejutan menyenangkan saat melakukan pembelian di hari itu juga selalu berhasil sebagai cara mempermudah closing. Kejutan yang diberikan bisa dalam berbagai bentuk.

READ  Knalpot Mobil Jakarta

Seperti gratis ongkir, beli 2 gratis 1, garansi 100% uang kembali, beli hari ini dapat diskon 50%,  stok terbatas (siapa cepat dia dapat), dan lain-lain. Konsumen tentunya tidak akan melewatkan kesempatan pembelian produk dengan keuntungan lebih yang anda tawarkan. Jadi, konsumen tidak akan terlalu lama melakukan transaksi jual beli dan closing akan berakhir dengan sukses.

Terapkan Harga Coret

Satu lagi tips yang cukup ampuh mempermudah closing yang sukses yaitu dengan menerapkan harga coret di WA. Pasti anda sudah sering melihat penawaran produk secara online dimana terdapat dua harga yang tercantum namun salah satunya dicoret.

Harga yang dicoret tentunya harga yang lebih mahal dibandingkan harga yang tanpa coret. Cara ini akan memunculkan kesan bahwa produk yang anda tawarkan turun harga atau lebih murah dari harga terdahulu. Seperti yang ada di fitur Toko Whatsapp waorder sudah kami sediakan fitur harga coret yang akan memancing emosi calon buyer anda.

Otomatis konsumen akan lebih memilih produk anda karena lebih terjangkau. Harga yang dicoret bisa anda berikan warna yang lebih cerah agar konsumen dapat melihat dengan jelas perbedaan harganya.

Beberapa tips closing lewat Whatsapp bisa jadi pertimbangan dalam memajukan bisnis online anda. Jumlah closing meningkat akan dibarengi dengan keuntungan atau laba yang meningkat pula. Jadi, tunggu apalagi segera maksimalkan teknik pemasaran anda melalui fitur-fitur pada aplikasi Whatsapp.