Posted on: May 6, 2020 Posted by: rahman Comments: 0
perempuan berinvestasi

Selama ini perempuan memang terbilang lebih mahir dalam mengelola keuangan dibandingkan laki-laki. Pasalnya dalam kehidupan berumah tangga pun biasanya adalah perempuan yang mengatur semua pengeluaran dan biasanya dibedakan berdasarkan tingkat prioritasnya.

Akan tetapi dalam berinvestasi, laki-laki yang biasanya lebih mahir. Hal ini dilihat dari banyaknya akun pengguna berjenis kelamin laki-laki dalam aplikasi saham atau investasi lainnya. Karena banyak yang berpikiran bahwa memang laki-laki yang lebih paham dalam memantau situasi kapan saatnya membeli atau menjual saham, dan juga lain sebagainya.

Tetapi apakah hal tersebut benar? Artikel ini akan membantu Anda dalam menentukan apakah memang perempuan kurang mahir dalam berinvestasi dibandingkan laki-laki. Simak informasinya:

 

Era Kesataraan

Di Indonesia sendiri, kesetaraan perempuan sejak zaman dahulu sudah diperjuangkan oleh Kartini. Hal ini dibuktikan dengan sudah banyak perempuan yang sudah menduduki kursi penting dalam pemerintahan dan banyak perempuan yang mendirikan perusahaannya sendiri.

Dalam beberapa tahun terakhir, Menteri keuangan Republik Indonesia juga diduduki oleh perempuan yaitu ibu Sri Mulyani. Yang terbukti sangat mampu dalam mengelola keuangan negara sebesar Indonesia ini.

Perempuan sering dikaitkan dengan berbelanja kebutuhan sehari-hari dan mengatur prioritas mana yang butuh dan mana yang tidak, kalau dibandingkan dengan lak-laki, laki-laki lebih sering membeli barang yang dirasa kurang perlu. Akan tetapi dalam hal berinvestasi, justru laki-laki yang lebih mahir karena lebih mengenal grafik harga kapan naik dan kapan turun.

Tetapi harus diingat bahwa tidak semua perempuan hanya ahli dalam berbelanja tetapi tidak dengan berinvestasi. Dengan cara berinvestasi juga, perempuan bisa dinilai apakah mampu mandiri secara finansial atau tidak. Karena perempuan jika ingin merdeka secara finansial, tidak perlu menunggu laki-laki yang sudah mapan untuk memenuhi segala kebutuhannya.

 

Pilihan Investasi

Berinvestasi tidak harus melulu soal saham, saat ini ada juga pilihan investasi lain seperti reksa dana, emas, dan juga asuransi berbasis investasi. Dimana, semuanya memiliki profit dan implementasi yang berbeda-beda. Reksa dana adalah salah satu investasi yang cukup diminati oleh generasi milenial, karena bisa dimulai dari nominal yang cukup rendah dan bisa berpotensi mendapat keuntungan yang relative besar tergantung dari keahlian Manajer Investasi dalam melihat peluang.

READ  Hobi Jadi Bisnis

Ada juga emas, yang keuntungannya bisa dilihat dari grafik harga emas setiap tanggalnya. Yang bisa kita lakukan adalah melihat kapan emas akan turun dan disaat itulah kita beli, dan melihat dimana kapan harga emas akan melonjak naik dan saat itulah kita harus menjualnya.

Lalu ada asuransi investasi. Adalah program perlindungan jiwa dan juga investasi. Dimana dalam penerapannya sama seperti Anda membeli produk asuransi jiwa namun memiliki keuntungan lain yaitu investasi di pasar modal. Keuntungan dalam investasi ini tidak bisa dirasakan dalam jangka waktu dekat, namun hasilnya akan sangat besar ketika di klaim. Dan tidak sedikit perempuan Indonesia memilih investasi ini, karena memiliki dua keuntungan ini yang membuat mereka menjatuhkan pilihannya.

 

Kesimpulan

Zaman sekarang perempuan harus mampu mandiri secara finansial dan tidak bergantung dengan suami atau laki-laki dalam berinvestasi. Ada baiknya untuk mulai melakukan sendiri sambil mempelajari pasarnya. Bisa juga mencari tipsnya di internet ataupun bertanya kepada laki-laki.

Semoga bermanfaat!