Posted on: May 12, 2020 Posted by: fasha Comments: 0
Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid – 19, Dengan Larangan Mudik

Pemerintah sudah meresmikan larangan mudik Lebaran 2020, hal ini dilakukan untuk pencegahan virus corona (Covid – 19) semakin menyebar dengan luas ke seluruh wilayah dan daerah – daerah. Sebelumnya pemerintah juga sudah melakukan upaya. Dengan memberikan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sejumlah kota dan juga kabupaten. Hal ini juga untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona (Covid – 19).

Larangan mudik ini ditegaskan oleh Jokowi, melalui rapat terbatas yang dilakukan melalui video. Ia menyatakan bahwa kegiatan mudik semuanya akan dilarang. Larangan pulang kampung ini, sebelumnya hanya berlaku bagi ASN, TNI, Polri dan pegawai BUMN. Tetapi, presiden menjelaskan bahwa menurut data pemerintah ia mendapatkan masih ada 24% masyarakat yang bersikeras untuk pergi mudik.

Dan menurutnya, angka tersebut adalah angka yang besar untuk perpindahan orang dari sejumlah kota ke kabupaten, dan provinsi. Dan pada akhirnya, Jokowi mentapkan untuk melarang semua masyarakat Indonesia berpergian pulang kampung. Walaupun adanya keputusan menyedihkan yaitu larangan mudik, harapan baik lainnya muncul yaitu sejumlah pasien sembuh terus bertambah angkanya dan jauh lebih banyak dari korban yang meninggal. Sehingga ada 747 orang telah dinayatakan sembuh, sementara 590 orang meninggal.

Larangan Mudik dan Kebijakan PSBB

Selain larangan mudik, kebijakan PSBB juga masih terus ditegaskan oleh pemerintah agar masyarakat mematuhinya. Sudah banyak kota – kota yang melakukan PSBB selain Jakarta yaitu, bogor, Surabaya, Bandung, dan wilayah – wilayah lainnya. Pemerintah juga menghimbau, agar masyarakat menggunakan masker saat pergi keluar dari rumah. Ancaman virus corona ini, nampaknya sudah semakin disadari oleh sebagian masyarakat. Sudah banyak menggunakan masker, dan juga tetap berada dirumah tidak berpergian keluar jika tidak ada hal yang penting.

Upaya mandiri masyarakat untuk mencegah penularan virus corona (Covid – 19), dan juga para tenaga medis seperti dokter dan perawat yang berjuang untuk melawan virus corona ini, patut untuk di apresiasi. Larangan mudik yang dikeluarkan oleh pemerintah, kebijakan PSBB, dan juga penggunaan masker adalah upaya pemerintah dalam menekan penyebaran virus corona. Hal ini harus turut ikut serta di dukung oleh masyarakat, karena dengan dukungan masyarakat mematuhi dan menjalankan kebijakan ini, angka kasus penyebaran virus corona (Covid – 19) dapat ditekan.

READ  Akibat Virus Corona, Sejumlah Anak Mengidap Penyakit Langka

Namun Jokowi tetap menghimbau jika warga memang tidak memiliki alasan yang kuat untuk pulang kampung, tetaplah untuk berdiam diri dirumah. Karena dengan begini, Jokowi berharap penyebaran Covid – 19 dapat di hentikan. Lalu Jokowi juga mengingatkan, bila warga tetap nekat untuk berpergian mudik aparat setempat tidak akan segan – segan untuk memberikan sanksi bagi warga yang mencoba untuk pulang kampung atau mudik. Sehingga diharapkan, masyarakat dapat mematuhi peraturan yang telah dibuat.