Posted on: October 22, 2020 Posted by: drajjad Comments: 0

Plafon atau langit-langit atap adalah bagian dari konstruksi rumah dimana platfon berfungsi untuk melindungi runnah dari kotoran-kotoran dan debu dari atap, atau sebagai tempat dari peletakan instalasi listrik, meredam panas dan suara, fungsi dekorarif, dan banyak lagi. Plafon sendiri memiliki beragam jenis berdasarkan bahan material dasarnya seperti plafon triplek, platof eternit, plafon gypsum, plafon PVC, dan plafon GRC. Setiap jenis dari plafon memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dari sekian banyak jenis plafon, GRC adalah salah satu jenis GRC yang sering digunakan dalam rumah-rumah atau bangunan-bangunan di Indonesia. GRC sendiri merupakan akronim dari Glassfiber Reinforced Cement. Dari kepanjangan tersebut, Anda mungkin bisa mengambil kesimpulan jika GRC sendiri merupakan material yang terbuat dari campuran serat kaca dan semen.

Bahan ini memang cukup populer sebagai plafon hampir sebanding dengan penggunaan palfon triplek di Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, menurut jasa bangun rumah Jogja, GRC memiliki beragam kelebihan yang bisa Anda simak pada pembahasan di bawah ini.

Plafon GRC

Seperti yang dibahas pada paragraf sebelumnya GRC adalah material yang memiliki bahan dasar serat dan semen. Bahan untuk semen dari GRC sendiri hampir sama dengan beton tetapi lebih ringan dan mudah dibentuk. Campuran tersebut diperkuat dengan serat kaca.

Kelebihan Plafon GRC

  1. Kedap Suara

Plafon GRC yang terbuat dengan bahan beton yang solid ditambah serabut fiber glass yamg cukup rapat membuat Plafon GRC kedap suara. Oleh karena itu GRC sendiri banyak digunakan di tempat-tempat yang membutuhkan kedap suara seperti kamar hotel, mushola, apartemen, ruang karaoke dan lain-lain.

  1. Tahan Air

Tidak seperti bahan plafon lainya layaknya triplek yang notabenya tidak tahan lembab, plafon GRC lebih tahan terhadap kelembapan. Dengan begitu Anda bisa menerapkan GRC ini di bagian rumah Anda yang rentan dengan lembab seperti kamar mandi.

  1. Pemasangan yang Cepat

Seperti yang sudh dibahas pada paragraf-paragraf sebelumnya, GRC merupakan bahan yang fleksibel dan mudah dibentuk. Bobotnya yang tidak terlalu berat membuat proses pemindahan dan pemasangan GRC tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu, GRC memiliki tekstur yang halus sehingga mempermudah dalam melakukan finishing. Anda bahkan bisa membiarkan plafon dalam keadaan tereskpos alias tidak perlu dicat ulang.

  1. Awet dan Lebih Ekonomis

Dengan perawatan yang baik Plafon GRC bisa bertahan hingga 25 tahun. Jika ada bagian yang rusak, proses pembongkaran dan penggantian juga terbilang mudah. Untuk perawatanya, Anda hanya perlu untuk memberishkan GRC jika dirasa kotor. Selain itu harga untuk plafon berukuran kecil GRC juga terbilang murah. Per lembarnya plaforn GRC bisa dibandrol dengan harga bervariasi antara Rp. 50.000,00 sampai Rp. 60.000,00. Karena proses pemasangan dan pemeliharaan GRC juga terbilang mudah dan cepat, plafon GRC bisa membuat pengeluaran Anda lebih ekonomis lagi.

Mungkin pembahasan tentang keutungan GRC berakhir sampai disini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.